Piagam Kota Hijau Wonosobo

by -18 views

Wonosobo Green City
WONOSOBOZONE – Wonosobo sebagai kota yang asri harus memiliki program untuk mewujudkan Wonosobo Green City agar selalu terjaga kelestarian dan meningkatnya kesejahteraan hidup. Berikut adalah isi piagam kota hijau.
Bahwa setiap orang berhak atas lingkungan hidup yang baik dan sehat, setiap orang berhak untuk hidup, mempertahankan hidup dan meningkatkan taraf kehidupannya. Berhak hidup tentram, aman, damai, bahagia, sejahtera lahir dan sejahtera batin dan menjadi sumber kesejukan bagi Indonesia.
Dan untuk menciptakan tatanan Kota Wonosobo yang sejuk, hijau, berkelanjutan, saling menghormati dan menjadi daya tarik bagi siapa saja untuk mengunjunginya maka pemuda dan pemudi Wonosobo dengan ini menyatakan :

  1. Siap mendukung gerakan pembangunan kota hijau
  2. Mendorong terwujudnya perilaku ramah lingkungan bagi semua penghuninya
  3. Membiasakan hidup hemat energi, hemat air dan mengurangi pencemaran udara
  4. Mendorong terwujudnya tata ruang kota yang ramah anak, perempuan, penyandang disabilitas, dan ramah hak asasi manusia
  5. Siap membiasakan diri memelihara dan memangaatkan ruang terbuka hijau untuk berbagai kegiatan positif
  6. Siap mengurangi penggunaan barahg-barang yang dapat menyebabkan timbulnya ampah yang sulit didaur ulang
  7. Mendorong pengelolaan sampah
  8. Siap memanfaatkan transportasi ramah lingkungan dan atau mengurangi penggunaan transportasi penyebab pencemaran lingkungan
  9. Siap membentuk komunitas oase nusantara dan melakukan kampanye kota hijau kepada masyarakat yang lain
  10. Memajukan pariwisata sebagai andalan pilar ekonomi Wonosobo yang berbasis lingkungan dan budaya
  11. Siap bergerak dan terlibat langsung dalam perencanaan, pemeliharaan dan sosialisasi kepada masarakat luas untuk menyukseskan Wonosobo kota hijau.

Kemudian dari pada itu untuk mewujudkan kota Wonosobo yang hijau sebagai oase nusantara dan sumber kesejukan Indonesia dengan ini kami siap melakukan kegiatan dan perilaku kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan 8 atribut kota hijau, yaitu : Grand Planing and Design, Grand Building, Grand Open Space, Grand Waste, Grand Water, Grand Transportation, Grand Comunity sebagai gaya hidup pemuda Wonosobo yang tangguh, kreatif, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa guna memakmurkan rakyat wonosobo secara berkelanjutan. (Komunitas oase nusantara)

Semua dapat terwujud jika ada kesadaran dan dukungan dari semua pihak, oleh karenanya mari bersama kita wujudkan Wonosobo kota Hijau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *